Kamis, 25 April 2024
  • (0473) 21258
  • dtphp@luwuutarakab.go.id

Indah Putri : Sagu akan jadi komoditi unggulan nasional

Indah Putri : Sagu akan jadi komoditi unggulan nasional Indah Putri : Sagu akan jadi komoditi unggulan nasiona

KBRN,  Masamba : Komitmen Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam menjadikan sagu sebagai komoditi unggulan tidak hanya di Luwu Utara, tetapi juga di Indonesia, tidak perlu diragukan lagi. Hal itu dibuktikannya dengan menghadiri Deklarasi Pembentukan Forum Komunikasi Kebupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia, Kamis (5/4/2018), di Sekretariat APKASI Gedung Sahid Sudirman Center Jalan Jenderal Sudirman Kav 86 Jakarta. 

Deklarasi yang dikemas dalam Focus Group Discussion ini dihadiri Penasehat Khusus APKASI Prof. Ryaas Rasyid, dan para Kepala Daerah Penghasil Sagu. Dalam FGD ini bertindak sebagai moderator, Bupati Kepulauan Meranti. Turut mendampingi Bupati Indah Putri Indriani, Kepala BAPPEDA Rusydi Rasyid. Acara ini dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Masyarakat Sagu Seluruh Indonesia (MASSI). 

Bupati Indah usai acara mengatakan, FGD Forum Komunikasi Kabupaten Penghasil Sagu  yang dirangkaikan dengan Deklarasi Pembentukan Forum Komunikasi Kebupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia adalah sebuah momentum strategis yang sangat penting dalam rangka mengadvokasi seluruh daerah penghasil sagu guna mendorong komoditi sagu ini menjadi salah satu komoditi unggulan di Indonesia.

“Langkah pertama yang kita upayakan dalam forum ini adalah bagaimana memperjuangkan sagu menjadi komoditas strategis nasional, sehingga dapat diperjuangkan mulai dari hulu sampai ke hilir. Oleh karena itu, kami berharap, dengan kehadiran forum ini akan dapat mengembangkan sagu sebagai salah satu komoditi pangan andalan kita, tidak  hanya di Luwu Utara, tetapi juga di Indonesia,” ucap Indah.

Pada prinsipnya, lanjut Indah, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara telah berkomitmen untuk selalu men-support seluruh upaya yang dilakukan dalam rangka pengembangan sagu ke depan. “Intinya kami men-support apa yang kita lakukan hari ini.  Untuk mendorong itu dibutuhkan memang kekuatan dan kebersamaan dari seluruh stakeholder yang ada,” pungkas Indah Putri Indriani.  

Sebelumnya, usai pemaparan Bupati Indah Putri Indriani tentang bagaimana pengembangan sagu ke depan, Bupati Kepulauan Meranti memuji penguasaan materi yang dipaparkan orang nomor satu di Luwu Utara itu. “Terima kasih ibu Bupati. Luar biasa ibu Bupati Luwu Utara ini, ternyata beliau punya penguasaan yang begitu mendalam tentang bagaimana menjadikan sagu sebagai salah satu komoditas strategis nasional,” ujarnya. (LH/ck)