Jumat, 26 April 2024
  • (0473) 21258
  • dtphp@luwuutarakab.go.id

Sosialisasi AUTP dan Pelatihan Aplikasi SIAP

Sosialisasi AUTP dan Pelatihan Aplikasi SIAP Sosialisasi AUTP

Luwu Utara --- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Luwu Utara melalui Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian melaksanakan Sosialisasi  Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Pelatihan pendaftaran online menggunakan aplikasi Sistem Informasi Asuransi Pertanian (SIAP) kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ditugaskan selaku tenaga input online, Selasa (08/09/20) di ruang rapat DTPHP.

Dalam arahannya, Plt Kepala Dinas TPHP Rusydi Rasyid menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya AUTP adalah memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan organisme pengganggu tanaman. Mengalihkan kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT melalui pihak lain yakni pertanggungan asuransi.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini cukuplah penting, sebagai contoh seandainya saja petani kita yang pertanaman padinya terkena banjir bandang yang lalu telah didaftarkan pada program AUTP ini maka semestinya mereka akan memperoleh ganti rugi. Jadi diharapkan kepada peserta sosialisasi agar serius mengikuti kegiatan ini sampai  dengan selesai, Ujarnya.”

Sementara itu, Sukri selaku perwakilan dari PT. Jasindo menjelaskan AUTP merupakan salah satu produk asuransi yang mendapat dukungan dari pemerintah. Selain itu juga ada Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dan Asuransi Nelayan.

Perusahaan Asuransi Jasindo bersama Kementerian Pertanian telah meluncurkan aplikasi pendaftaran online SIAP. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pendaftaran asuransi pertanian program pemerintah. Dengan aplikasi ini, prinsip transparansi dan akuntabilitas akan sangat terjaga. Hal ini karena pihak terkait bisa memantau pelaksanaan asuransi program pemerintah melalui aplikasi ini. Beberapa fitur pada aplikasi ini seperti pendaftaran peserta, e-polis, pelunasan premi, pelaporan, serta PPL dapat mengunggah dokumen klaim awal.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas TPHP, Kabid PSP, Para Koordinator BPP, serta Petugas POPT.